SELAMAT BERGABUNG MEMBER BARU SMS INFO CENTRAL UNGGAS FARM

21 NOVEMBER 2014---Sdr. HALDOKO MARGO R---Sdr. MUKLISIN dari MOJOKERTO---Sdr. LITA SUSANTI (PEDAGANG) dari BANDUNG---Sdr. APAR SUPARJO dari TASIKMALAYA---Sdr. YUNAEDI---Sdr. LASONO dari KEDIRI---Sdr. ZUNAIDAH (PEDAGANG) dari SIDOARJO---Sdr. BUDI KUWATONO---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI SMS SERVER CENTRAL UNGGAS FARM
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO

CARANYA

TRANSFER RP 50.000,-
ke REK BCA 0243945825 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK BRI 002101070559506 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK MANDIRI 1430005245293 an IWAN SETIAWAN
SMS NO HP ANDA KE 085755064745

KAMI AKAN MENGIRIMKAN SMS INFO HARGA TIAP HARI (HARGA PAGI, HARGA SIANG DAN SETIAP ADA PERUBAHAN HARGA)
UNTUK 1 BULAN KE NOMER HP ANDA

SMS INFO CENTRAL UNGGAS ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR

UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT TENTANG SMS INFO HUB :
085755064745

| Official Website | http://www.central-unggas.com |

KAPAN FLUKTUASI HARGA TELUR DI BLITAR BERPENGARUH DI TEMPAT ANDA?

Harga telur di blitar setiap hari memang selalu bisa berubah-ubah dalam hitungan jam bahkan bisa juga dalam hitungan menit. Namun biasanya harga cenderung bisa dianggap stabil dan bisa di jadikan acuan atau standart harga sekitar jam 10 sampai jam 12 siang.

Untuk para pedagang maupun peternak yang berada di luar kota tidak terlalu perlu mencermati perubahan harganya setiap saat, namun cukup perlu memperhatikan standart harga pada waktu sudah stabil saja.

Sekarang yang perlu kita ketahui adalah kapan harga telur blitar ini berpengaruh ke kota anda?
Standart harga di blitar ini akan mempengaruhi harga telur di kota anda sangat tergantung pada jarak dan waktu tempuh pengiriman barang dari blitar ke kota anda.

Misalnya harga diblitar kemarin turun akan berpengaruh di jakarta hari ini, karena pengiriman yang dilakukan kemarin baru akan sampai hari ini. Demikian juga pada saat telur naik biasanya pengaruh harganya juga akan berlaku pada ke esokan harinya.

Jadi untuk para peternak apabila sudah mengetahui harga di blitar turun juga tidak perlu terlalu panik. karena harga tersebut tidak langsung berpengaruh ke tempat anda. Demikian pula pada saat sudah mengetahui harga blitar naik sudah dapat ancang-ancang untuk menaikan harga telurnya pada keesokan harinya dengan memberikan informasi kepada pedagang yang biasa mengambil telurnya.

Berapa lama daya tahan telur | Teorinya.....

Menjawab kebimbangan teman-teman seperjuangan tentang life time telur ato kemampuan daya tahan telur, begini ceritanya... cium


Coba kita perhatikan ayam kampung dalam satu periode bertelur dari mulai telur pertama sampai telur terakhir bisa punya rentang waktu 10 sampai 15 hari, setelah telur di erami selama 21 hari telur pertama pun masih bisa menetas, padahal telur tersebut sudah berumur 10 atau 15 hari.

Kemudian kita perhatikan lagi, telur yang tidak menetas atau infertil atau tidak ada bibitnya tentu tidak busuk juga, padahal itu sudah kena panas dari tubuh induknya 39 derajat selama 21 hari. Kondisi telur koplak atau kocak bukan karena busuk melainkan bertambahnya rongga udara karena terjadinya penguapan.

Jadi Kalo kita menyimpan atau menyetok telur kita dengan asumsi seminggu di peternak, distribusi 3 hari, dipengecer 1 minggu dan di konsumen/pemakai masih 1 minggu lagi itu adalah kondisi yang sangat aman.

Cara Beternak Ikan Lele, Ikan gurami, Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Cupang, Belut dan Cacing sutra

Cara mudah pemesanan :

  1. Kirim SMS daftar buku yang ingin anda beli Ke
  2. Kami akan membalas tentang ketersediaan buku dan ongkos kirim buku
  3. Silahkan anda melakukan transfer sejumlah harga buku plus ongkos kirim
  4. Pengiriman barang akan kami proses
  5. Silahkan menunggu pesanan anda di rumah anda
  6. Selamat membaca buku anda dan silahkan mengambil manfaatnya


































KATUL SEBAGAI BAHAN POKOK CAMPURAN PAKAN AYAM PETELUR

Setelah konsentrat dan jagung, katul atau dedak adalah komponen pokok dalam campuran untuk pakan dari ayam petelur. Dalam beberapa musim katul gampang untuk di dapatkan, demikian juga pada bulan bulan tertentu katul ini sulit sekali di dapatkan dan harganya melambung tinggi.

Sebagai peternak kita harus memahami karakteristik dari ini. Pada dasarnya ada tiga macam jenis dari katul ini:
      1. Katul poles/PK1 atau grantex.
        Katul ini merupakan proses pertama dari pecah kulit padi. Jadi katul ini masih campur dengan sekam atau kulit padi nya. Jenis ini tentunya sangat tidak baik jika di jadikan campuran untuk pakan layer/petelur. Katul jenis ini biasanya cocok hanya untuk dijadikan pakan sapi perah atau untuk para peternak babi di bali.
      2. Katul PK2. Katul ini merupakan katul yang dihasilkan dari padi yang sudah masuk mesin PK1 dan sekamnya sudah dipisahkan, kemdian masuk ke poles sehingga katul yang di hasilkan kadar sekamnya sudah lebih sedikit dari katul PK1. Jenis katul ini sudah cukup layak untuk dijadikan campuran pakan bersama dengan jagung dan konsentrat.
      3. Katul Separator. Katul ini di hasilkan dari mesin poles yang padinya sudah melalui beberapa kali proses Pecah Kulit(PK) sehingga hampir bisa di katakan prosentase dari sekam padinya cuma 5%. Katul jenis ini sangat layak untuk di jadikan campuran pakan ternak. Tentu saja harga katul jenis paling mahal harganya.
Padi saat katul sulit seperti sekarang ini, susah sekali mencari katul asli, banyak sekali katul yang beredar merupakan katul PK1 yang di giling kembali, bahkan lebih parah lagi banyak para pedagang katul ini yang mencampur katul tersebut dengan tepung batu yang merupakan bahan dasar keramik dan bentuknya mirip sekali dengan katul.

Untuk mengetahui ada atau tidaknya tepung batu dan banyak sedikitnya sekam giling dalam katul ini, farm kami menggunakan larutan tertentu untuk dapat mendeteksi campuran yang didalam katul tersebut.
Biasanya larutan ini digunakan oleh pabrik pakan untuk Quality Control katul yang masuk ke pabrik.

Sebagai bagian dari peternak untuk musim katul mahal seperti ini sebaiknya kita justru menggunakan katul separator untuk campuran pakan ternak kita. Karena katul separator justru lebih tinggi ke aslianya. Daripada kita menggunakan katul yang lebih murah tapi justru akan merusak produksi telur dari layer kita.




Jember Cukup Terkanal dengan Kualitas Katul Separatornya
Jika anda berminat silahkan pesan ke:

Pak Totok
081 336 214 333


Distributor Katul/Dedak dari Jember

INFORMASI YANG TEPAT DAN AKURAT KUNCI KESUKSESAN

Informasi merupakan hal terpenting dalam keberhasilan para peternak dan distributor telur. Dengan mengetahui informasi yang tepat dan akurat peternak akan memperoleh keuntungan yang yang maksimal dari penjualan telurnya. Dan dapat pula memperoleh harga yang minimal dalam memperoleh harga pakanya.

Peternak di blitar tidak selalu menjual telurnya setiap hari, kebanyakan dari peternak yang sudah dapat informasi yang akurat akan menahan telurnya apabila telur ada indikasi naik, para peternak bahkan bisa menahan telurnya sampai 1 minggu apabila harga cenderung naik. Telur harus dapat kita jual dengan harga yang sebaik mungkin. Sedangkan bila ada indikasi turun kita juga harus cepat menjual telur kita, bahkan harus berani sedikit menurunkan harga dari harga pasaran supaya telur bisa lebih cepat terjual.

Apakah kita tidak rugi dengan menurunkan harga lebih dahulu? tentu tidak, karena apabila harga sudah mulai turun dan telur belum keluar maka kita justru kita akan lebih rugi dengan penurunan harga pada hari berikutnya. Apabila harga turun kita lebih susah menjual telur kita.

Demikan halnya dengan pakan kita, Kita tidak boleh terlalu ceroboh dengan stok pakan yang pas-pasan, dengan lemahnya stok pakan harga telur kita cenderung lebih mudah diatur oleh pedagang yang membeli telur kita. Sebelum kita mempunyai stok pakan untuk ternak kita selama 1 bulan kedepan, kita tidak perlu terlalu ambisi dalam melakukan ekspansi populasi ternak kita.

Dalam hal melakukan stok pakan ini kita juga harus selalu waspada dengan perkembangan harga jagung dan katul nya, tentunya kita tidak perlu juga melakukan stok barang yang harganya cenderung turun atau kita alihkan stok kita ke konsetratnya atau bahan campuran pakan lainya yang cenderung naik atau stabil.

Distributor harus lebih peka lagi terhadap perkembangan harga, karena jika pedagang hanya mengandalkan keuntungan penjualan harian saja tentu sulit untuk memperoleh keuntungan yang besar. Keuntungan maksimal dari pedagang telur jika dapat mencermati kenaikan dan penurunan harga telur.


TEMPAT MINUM AYAM

Tempat Minum 600cc

Rp.12.800

  • Ukuran : Tinggi: 208mm (Tube 600cc), 32mm (Plate 1L)
  • Berat : Minimum: 48g (Tube 600cc), 35g (Plate 1L), Maksimum: 53g (Tube 600cc), 37g (Plate 1L)
  • Bahan : HD Blow Asrene UB 5206 H (Tube 600cc), PP Block BI 9.0 GA (Plate 1L)
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555) (Plate 1L)
  • Kapasitas Air total : 700-720 ml
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 30

Tempat Minum Kerucut 1L

Rp.41.000

  • Ukuran : Tinggi: 180mm (Cone Tube 1L), 32mm (Plate 1L)
  • Berat : Minimum: 58g (Cone Tube 1L), 35g (Plate 1L), Maksimum: 63g (Cone Tube 1L), 37g (Plate 1L)
  • Bahan : HD Blow Asrene UB 5206 H (Cone Tube 1L), PP Block BI 9.0 GA (Plate 1L)
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555) (Plate 1L)
  • Kapasitas Air : total : 900-980 ml
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 30

Tempat Minum Otomatis

Rp.96.000

  • Ukuran : Tinggi: 350mm
  • Berat : Minimum: 536g, Maksimum: 558g
  • Bahan : HD IA 5220
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555)
  • Kapasitas Air total : 1,300ml
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 75

Tempat Minum 1G

Rp.18.000

  • Ukuran : Tinggi: 250mm (Tube 1G), 40mm (Plate 1G)
  • Berat : Minimum : 154g (Tube 1G), 79g (Plate 1G), Maksimum : 160g(Tube 1G), 84g(Plate 1G)
  • Bahan : HD Blow Asrene UB 5206 H(Tube 1G), HD Inject Rigidex 6070 EA(Plate 1G)
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555)(Plate 1G)
  • Kapasitas Air total : 3,250-3,350 ml
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 40


TEMPAT PAKAN UNTUK DOC/AYAM

Tempat Pakan DOC panjang

Rp.38.500

Ukuran : Panjang: 640 mm, Tinggi: 60 mm, Lebar: 140 mm
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555)
  • Berat kosong : 580 g
  • Kapasitas pakan maksimum : 1,420 g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 12

Tempat Pakan DOC Pendek

Rp.20.200

  • Ukuran : panjang: 320mm, Tinggi: 60mm, Lebar: 140mm
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Merah (Remafin Red MX-A-3555)
  • Berat kosong: 260g
  • Kapasitas pakan maksimum: 740g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 6

Piring Pakan DOC

Rp.19.200

  • Ukuran : Tinggi: 56mm
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Merah dan Kuning
  • Berat kosong : 280g
  • Kapasitas pakan maksimum : 3,170g
  • Kapasitas anak ayam (Umur lebih dari 6 minggu) total : 45

Tempat Pakan 3k

Rp.21.400

  • Ukuran : Tinggi: 185mm (Tube 4K), 60mm (Plate 4K)
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna :Kuning (Gracia Yellow RI 852)
  • Berat kosong : 320g
  • Kapasitas pakan maksimum : 3,180g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 30

Tempat Pakan 4k

Rp.24.000

  • Ukuran : Tinggi: 225mm (Tube 3K), 65mm (Plate 3K)
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Kuning (Gracia Yellow RI 852)
  • Berat kosong : 480g
  • Kapasitas pakan maksimum : 4,520g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 33

Tempat Pakan 5k

Rp.29.500

  • Ukuran : Tinggi: 270mm (Tube 5K), 72mm (Plate 5K)
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Kuning (Gracia Yellow RI 852)
  • Berat kosong : 580g
  • Kapasitas pakan maksimum: 5,920g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 36

Tempat Pakan 5k Dengan Pemisah

Rp.34.600

  • Ukuran : Tinggi: 280mm (Tube 5K), 68mm (Plate 5K)
  • Bahan : HD IA 5220 (Tube Divider 5K), HD Inject Rigidex 6070 EA Plate Divider 5K)
  • Warna : Kuning (Gracia Yellow RI 852)
  • Berat kosong : 680g
  • Kapasitas pakan maksimum : 6,320g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 40

Tempat Pakan 7k

Rp.30.600

  • Ukuran : Tinggi: 280mm (Tube 7K), 82mm (Plate 7K)
  • Bahan : PP Inject HI 10 HO
  • Warna : Kuning (Gracia Yellow RI 852)
  • Berat kosong : 660g
  • Kapasitas pakan maksimum : 8,340g
  • Kapasitas anak ayam (umur lebih dari 6 minggu) total : 39


Bagaimana Harga Telur Tercipta?

Di Kabupaten Blitar saat ini produksi telur diperkirakan hampir 1500 ton per hari. Dimana produksi ini berasal dari peternak kecil dan besar. Peternak dengan populasi di bawah 5000 ekor masuk sebagai kategori peternak kecil, sedangkan untuk populasi lebih dari 5000 sampai dengan ratusan ribu sudah masuk kategori peternak besar.


Ok... selanjutnya akan saya paparkan bagaimana proses distribusi telur ini. Untuk kebutuhan telur di Blitar sendiri tidak sampai dengan 10% dari total produksi, sehingga sisa dari yang diserap pasar blitar ini terdistribusi ke luar kota maupun ke luar pulau.

Produksi telur dari para peternak kecil di blitar disetorkan ke para pengepul kecil atau Poultry Kecil, Dimana Poultry Shop yang selanjutnya saya sebut PS saja ini memberikan kemudahan bagi para peternak kecil dengan mengambil telurnya dan langsung menyediakan pakan untuk barter dengan telur tersebut.

Selanjutnya para PS kecil ini ada yang langsung kirim telur sendiri ke luar kota atau disetorkan ke Gudang Besar , Nah.... Untuk harga yang dipakai acuan adalah harga beli dari Gudang besar ini, karena Gudang ini bisa menerima setoran dari PS kecil dan Peternak besar tiap harinya sampai dengan Ratusan Ton.

Gudang besar di Blitar yang mempunyai pasar luar kota dan luar pulau, kebanyakan untuk luar pulau adalah pengiriman ke Kalimantan, NTT, NTB dan Irian. Untuk Sumatra kebutuhan telur masih mampu disupplay dari medan dan peternak lokal di masing-masing daerah tersebut.

Jadi..... Jelas sudah khan? Apabila Daya serap pasar dari Gudang Besar tersebut menurun otomatis Harga telur juga turun. Gudang besar juga akan menurunkan harga belinya terhadap pengepul dan peternak besar di blitar. Karena telur juga nggak bisa di tahan terlalu lama, sedangkan tiap hari terus produksi maka bersiap-siaplah kota anda kebanjiran telur dari blitar atau bahasa kasarnya dibeli harga berapa saja yang penting telur bisa keluar.

Demikanlah sedikit tentang terbentuknya harga telur di indonesia, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi para peternak di seluruh Indonesia.

BETERNAK ITIK

Produksi telur anda turun? gunakan supralit untuk mengatasinya
informasi lebih lengkap klik disini....


SUPRALIT
Kombinasi vitamin dan elektrolit anti stress
Stress adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon kortikosteroid di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh pembakaran yang hebat di dalam tubuh yang banyak menggunakan elektrolit yang ada, sehingga tubuh akan banyak kehilangan elektrolit.
Bila diberikan air minum biasa, maka akan terjadi pengenceran elektrolit dalam tubuh yang akan memperburuk keadaan tubuh, sehingga metabolisme tubuh tidak sempurna, akibatnya :
  • Nafsu makan akan turun
  • Produksi telur turun
  • Berat badan turun
  • Mudah terserang penyakit
Untuk mengatasinya, diberikan SUPRALIT Anti stress.
Komposisi per Kg :
Vitamin A 1.000.000 IU
Vitamin D3 200.000 IU
Vitamin E 10.000 IU
Elektrolit : Na+, K+, Cl-, HCO3
-

Keunggulan :
  • Mengandung elektrolit dengan konsentrasi yang tinggi (86%) sehingga cepat
    mengatasi kekurangan elektrolit dalam tubuh.

Indikasi:
  • Menjaga keseimbangan elektrolit tubuh agar tetap stabil.
  • Mengganti banyaknya elektrolit tubuh yang hilang akibat stress
Aturan Pakai dan Dosis :
Unggas : 1 gram /2 liter air minum selama 3 – 5 hari berturut-turut.
Cara mudah pemesanan :
  1. Kirim SMS Nama obat yang ingin anda beli dan alamat anda Ke
  2. Kami akan membalas tentang ketersediaan barang dan harga sampai ketempat anda.
  3. Silahkan anda melakukan transfer KE REK BCA 0243945825 an DINA KUSUMAWATI
  4. Pengiriman barang akan kami proses
  5. Silahkan menunggu pesanan di rumah anda
  6. Minimal Order 1 kg
  7. Harga bukan masalah selama dapat menyelesaikan masalah


Satu lagi altenatif usaha menarik dan lagi booming yaitu beternak itik jantan potong. Daging itik memang cukup digemari masyarakat kita. Rasanya tak kalah dengan daging ayam. Apalagi daging itik yang dipanen umur muda. Teknik pemeliharaan sampai pemasaran dan tahapan pengembangan usaha diuraikan dalam buku ini.
Penulis : A. Suarna Dijaya
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 72 hal; 7 hal warna
Harga : Rp 75.000,-




Mungkin masalah ini baru anda ketahui dan dengar. Di antara kelebihan yang ditawarkan oleh sistem ini adalah meningkatkan produksi, kemudahan dalam pengontrolan dan pengendalian penyakit, serta telur yang dihasilkan lebih bersih. Bagaimana teknis budi dayanya? Simaklah buku ini dan temukan silahkan petik hasilnya!
Penulis : Ir. Bambang Suharno, Ir. Toni Setiawan
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 96 hal
Harga : Rp 75.000,-




Telur itik yang sangat digemari orang ternyata kebanyakan masih diproduksi secara tradisional dan bersifat sampingan sehingga memberi keuntungan yang rendah bagi pemiliknya. Buku ini patut Anda miliki jika ingin mengetahui seluk beluk peternakan itik agar lebih menguntungkan.
Penulis : Ir. Bambang Suharno, Ir. Toni Setiawan
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 115 hal
Harga : Rp 75.500,-


Beternak itik selalu identik dengan air karena jenis unggas ini termasuk unggas air. Beternak itik tanpa air maksudnya ialah mengandangkan itik secara intensif agar produksi telurnya bisa maksimal. Buku ini mengupas tata cara mengandangkan itik yang meliputi pembuatan kandang, penyiapan bibit, penyusunan dan pemberian ransum sekaligus perawatannya.
Penulis : Ir. Sandhy Sakti Windyarti
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 88 hal; 8 hal warna
Harga : Rp 75.500,-


Buku ini ditulis langsung oleh pakar perunggasan nasional yang tak perlu diragukan lagi akan keilmuannya. Permasalahan mulai beternak dan rentetannya akan dijawab dengan gamblang dan tuntas. Bila anda tertarik mengetahui permasalahan seputar itik, simaklah buku ini.
Penulis : Prof. Dr. Dra. Peni Hardjosworo, M.Sc., Ir. Rukmiasih
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 128 hal; 8 hal warna
Harga : Rp 75.000,-




Penyediaan bibit itik sangat diperlukan bagi peternak. Oleh karena itu, buku ini membantu anda yang ingin bergerak dalam penyediaan bibit itik (DOD), baik itik pedaging maupun itik petelur. Tak hanya teknik pembibitan saja, tetapi pemeliharaan DOD, hingga pemasarannya pun disajikan secara lengkap.
Penulis : Ir. Dede Juanda Jayasamudera, Ir. Bambang Cahyono
Dimensi : 15 x 23 cm; tebal 112 hal; 16 hal warna
Harga : Rp 75.500,-




Biaya ransum merupakan komponen terbesar dalam pemeliharaan ayam. Karenanya biaya produksi sangat dipengaruhi oleh harga pakan. Bagaimana menyiasati harga pakan yang melambung tinggi? Buku ini memberikan solusinya dengan cara memberi pengetahuan tentang jenis bahan dan komposisi dalam menyusun bahan pakan unggas.
Penulis : Yani Sudaro, Anita Siriwa
Dimensi : 14.5 x 20.5 cm; tebal 84 hal
Harga : Rp 75.000,-



Beternak itik secara ekonomis menekankan produksi telurnya. Untuk itu diupayakan agar setiap ekor itik mampu bertelur sebanyak-banyaknya. Persyaratan pokok yang harus diperhatikan dalam beternak itik adalah penyediaan bibit, pengelolaan kandang, pemeliharaan dan pengendalian penyakit yang dibahas secara jelas dan sederhana dalam buku ini.
Penulis : Ir. Abbas Siregar Djarijah
Dimensi : 125 x 190 cm; tebal 56 hal
Harga : Rp 75.000,-



Merupakan penyempurnaan dari buku ‘Beternak Itik’. Beberapa bab sama sekali baru karena disesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan data yang baru. Buku ini dilengkapi dengan foto-foto, gambar-gambar, tabel-tabel dan lampiran terbaru, termasuk informasi terakhir mengenai kebutuhan nutrisi itik petelur maupun itik pedaging. Dan secara khusus diberikan pengarahan tentang pengelolaan peternakan itik yang komersial dan intensif
Penulis : Dr. Ir. Muhammad Rasyaf, MS.
Dimensi : 148 x 210 cm; tebal 308 hal
Harga : Rp 100.000,-



Buku ini sangat praktis sebagai penunjang referensi untuk beternak itik secara komersial. Isinya memuat tentang masalah perkandangan, tatalaksana untuk anak itik (DOD), remaja, itik yang akan bertelur (bayah) dan itik yang bertelur, masalah pakan, dan masalah pencegahan penyakit, dsb
Penulis : Dr. Ir. Muhammad Rasyaf, MS.
Dimensi : 148 x 210 cm; tebal 96 hal
Harga : Rp 75.000,-




Sampai saat ini banyak peternak di perdesaan yang menggunakan cara tradisional, yakni menggembalakan itik dengan memberi pakan dan perkandangan ala kadarnya. Akibatnya, produktivitas itik rendah. Belajar dari kenyataan tersebut, para peternak itik di Tegal dan Cirebon berupaya melakukan terobosan dengan mencoba beternak secara intensif dan semi-intensif. Ternyata, hasilnya tidak mengecewakan
Judul: Berternak Itik Tanpa Air: Pengalaman Praktisi Di Tegal & Cirebon
Penulis : Redaksi AgroMedia Pustaka
Dimensi : 15,5 x 23,5 cm; tebal: 60 BW + 16 FC
Harga : Rp 75.000,-


Sebenarnya prospek bisnis itik cukup menjanjikan. Namun, kebanyakan masyarakat hanya meliriknya sebelah mata. Terbukti banyak budi daya itik yang dilakukan sebagai kegiatan sambilan saja. Padahal, permintaan telur dan daging itik setiap tahunnya terus meningkat. Apalagi jika dilakukan secara insentif, pasti mendatangkan hasil yang lebih memuaskan, karena tidak perlu menyediakan air yang berlimpah. Secara runut buku ini membahas berbagai petunjuk pemeliharaan dan panduan bagi siapa saja yang ingin beternak itik secara benar
Judul : Beternak Itik Hemat Air
Penulis : Redaksi AgroMedia Pustaka
Dimensi : 14,5 x 20,5 cm; tebal: 88 BW + 4 FC
Harga : Rp 75.000,-






Beternak itik petelur cukup menjanjikan karena serapan pasar telur-telurnya masih sangat tinggi. Namun, produktivitas telur itik cenderung rendah karena masih banyak peternak yang menggunakan cara tradisional. Buku ini menawarkan cara pemeliharaan itik yang lebih baik, yakni dengan sistem intensif. Di dalamnya dibahas mengenai pengelolaan usaha secara benar, perkandangan, pemberian pakan yang tepat, meningkatkan nilai jual, dan analisis usaha sederhana
Judul : Panduan Beternak Itik Petelur Secara Intensif
Penulis: Elang Ilik, Eko Murtanto, & Netti T.
Dimensi : 112 bw + 8 fc
Penerbit: AgroMedia Pustaka
Harga : Rp 75.000,-


Permintaan telur dan daging itik setiap tahun mengalami peningkatan. Sayangnya, tidak semua orang yang beternak itik mampu beternak secara baik dan benar. Buku yang ditulis oleh praktisi dari daerah sentra itik ini bisa dijadikan panduan bagi siapa saja yang ingin beternak itik secara benar
Judul : Panduan Lengkap Beternak Itik
Penulis: Ranto & Maloedyn Sitanggang
Dimensi : 112 bw + 16 fc
Harga : Rp 75.000,-


Tiktok (mule duck) adalah hasil kawinsilang itik dan entok yang berkualitas dengan cara inseminasi buatan (IB). Hasilnya, pertumbuhan cepat besar, rasa daging lebih gurih, tekstur daging lebih lembut, dan kadar lemaknya lebih rendah. Buku ini mengajak Anda mengenal lebih dekat unggas pedaging strain baru ini: dari asal-usul, teknik inseminasi dan penetasan, pakan, serta kandang dan peralatannya
Judul : TikTok (Unggas Pedaging Hasil Persilangan Itik & Entok)
Penulis : Linus Simanjuntak
Dimensi : 44 bw + 20 fc
Harga : Rp 75.500,-

Mesin Tetas, termostat dan teropong telur.

Banyak sekali permintaan dari para penghobi, akademisi maupun praktisi perunggasan untuk mesin tetas telur dengan kapasitas kecil. Hal ini akhirnya mendorong kami meluangkan sedikit waktu untuk merancang sebuah mesin tetas yang sederhana tapi mempunyai kualitas yang mendekati sempurna dengan harga yang masih terjangkau. Mesin tetas kecil ini kami rancang dengan memperhitungkan sudut penyinaran dan intensitas cahaya yang tepat, dengan dilengkapi thermostat yang berkualitas sehingga mampu mengatur suhu penetasan yang stabil.

Mesin tetas ini sangat cocok digunakan oleh pemula karena cukup user friendly (mudah digunakan). Memiliki tingkat keberhasilan penetasan yang tinggi. Dapat digunakan untuk menetaskan telur ayam kampung, itik, ayam arab, ayam serama, ayam nagadori dan jenis unggas lainya.


CUF - 60
Ready Stok
(semi otomatis/sistem rak putar)
Central Unggas Produsen Mesin Tetas Berkualitas

Harga+Ongkos kirim ke Luar Pulau Jawa:
Rp. 600.000,-


Harga+Ongkos kirim Dalam Wilayah Pulau Jawa:
Rp. 500.000,


Kapasitas Penetasan :
Maksimal 100 butir





Mesin tetas sederhana ini bisa juga dijadikan prototipe untuk membuat mesin tetas dengan kapasitas penetasan yang lebih besar. Dengan mengambil perbandingan yang sama dari luas ruangan dan kebutuhan penyinaranya, anda bisa merancang mesin tetas sendiri dengan kapasitas penetasan yang lebih besar tanpa harus membeli thermostat baru lagi.




Merancang Mesin Tetas Sendiri
Jika membeli mesin tetas jadi biaya yang dikeluarkan relatif lebih besar, maka anda juga dapat merancang mesin tetas sendiri dengan menggunakan peralatan mesin tetas dari kami, disertai panduan pembuatan mesin tetas dan cara menetaskan telur, kami yakin anda juga bisa memperoleh hasil yang maksimal


1 Set peralatan mesin tetas
Terdiri dari:


  1. Thermostat tingkat sensitifitas dan kestabilan tinggi
  2. Thermometer Ruang
  3. Buku panduan membuat mesin tetas dan cara menetaskan telur
Harga 1 set Rp. 150.000,-
Mohon sms terlebih dahulu sebelum transfer, stok kami terbatas

Sering ada pertanyaan pada kami bagaimana jika ada pemadaman listrik? Ruangan mesin tetas memang harus terus dijaga suhunya pada kisaran yang dibutuhkan. Anda bisa membuat lubang pada bagian bawah mesin tetas anda dan ditutup dengan plat seng atau galvalum. Jadi pada saat listrik mati sementara bak air bisa dikeluarkan dulu dan dibawah plat diberi lilin untuk pemanas sementara. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dari gambar diatas.

Cara mudah pemesanan :
  1. Kirim SMS tipe barang yang ingin anda beli Ke
  2. Kami akan membalas tentang ketersediaan dan ongkos kirim
  3. Silahkan anda melakukan transfer sejumlah harga barang plus ongkos kirim ke KE REK BCA 0243945825 an DINA KUSUMAWATI
    atau KE REK MANDIRI 1430005245293 an IWAN SETIAWAN
  4. Pengiriman barang akan kami proses
  5. Silahkan menunggu pesanan anda di rumah anda
Ayam merupakan unggas yang sudah cukup familiar dengan kehidupan kita, produk-produk makanan dan lauk pauk yang berbahan dasar ayam banyak ditemukan di sekitar kita dan banyak digemari. Boleh dikatakan Ayam dengan berbagai variannya seperti daging dan telur telah menjadi kebutuhan “pokok” hidup kita sehari-hari. Tidak heran jika bisnis ayam telah menjadi gantungan hidup banyak orang, karena memang memiliki peluang usaha yang cukup luas. Banyak bidang yang bisa ditekuni dari usaha pada komoditas ini diantaranya budi daya ayam petelur, budi daya ayam pedaging, penyediaan bibit ayam dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini akan dibahas Analisa Usaha Penetasan Telur Ayam, yang merupakan bagian dari penyediaan bibit ayam.

Usaha penetasan ini dilakukan dengan menggunakan mesin penetas bukan dengan cara alami menggunakan induk ayam, karena dari segi ekonomis lebih memungkinkan dikembangkan sebagai sebuah usaha. Penetasan telur ayam sebenarnya lebih mudah dibandingkan dengan penetasan telur itik, pada penetasan telur itik diperlukan kelembaban udara yang lebih tinggi sedangkan pada penetasan telur ayam lebih rendah. Dari segi waktu , telur ayam akan menetas setelah dierami selama 21 hari sedangkan telur ituk 28 hari. Dengan demikian dari segi biaya operasional akan lebih murah usaha penetasan telur ayam ini. Sama dengan usaha penetasan telur itik, usaha penetasan telur ayam dapat dilakukan sebagai usaha sampingan rumah tangga, sebagai usaha profit oriented skala Usaha Kecil dan Menengah maupun usaha besar.
Sebelum memulai usaha penetasan telur ayam ini perlu dipertimbangkan terlebih dahulu jenis telur ayam apa yang akan ditetaskan. Ada beberapa kebutuhan pasar ayam antara lain ayam petelur, ayam pedaging,ayam kampung, ayam hias (cemani, ayam mutiara, ayam kate dan lain-lain). Masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, tetapi dari segi manajemen penetasan dan operasionalnya hampir sama. Misalnya saja ayam pedaging dan ayam petelur, biasanya kelompok ayam ini dipelihara dalam jumlah yang besar oleh satu peternak, jumlahnya mencapai ribuan sehingga kebutuhan akan DOC (Day Old Chicken) juga besar. Daging dan telur kelompok ayam ini cukupbanyak diminta oleh pasar. Akan tetapi biasanya peternak sudah mendapat suplai bibit dari industri DOC besar, sehingga bagi Usaha Kecil di bidang ini harus mampu bersaing dengan industri penetasan telur yang besar.
Ayam kampung nampaknya lebih memiliki peluang usaha bagi kelompok usaha kecil, permintaan daging ayam kampung dan telurnya juga cukup besar, tetapi pemain besar belum begitu banyak terjun dalam bidang ini. Ayam hias sebenarnya juga memiliki potensi cukup lumayan untuk ditekuni, meski pasar ayam hias tidak seluas untuk kebutuhan konsumsi. Harga anakan maupun ayam hias yang sudah dewasa relatif lebih mahal dibandingkan dengan ayam konsumsi. Dengan Biaya Operasional penetasan yang hampir sama tetapi harganya lebih mahal, hal ini merupakan peluang untuk ditekuni.

Persiapan Penetasan Telur Ayam

Persiapan dalam usaha penatasan telur ayam meliputi beberapa hal antara lain :
  • Persiapan Tempat, Tempat untuk penetasan diupayakan cukup luas dengan tidak terkena panas matahari secara langsung dan tidak terkena angin yang dapat menyebabkan perubahan suhu secara mencolok. Selain itu diupayakan lingkungan tempat penetasan memiliki sanitasi yang bagus dan tidak mengandung bibit-bibit penyakit. Sanitasi yang buruk akan mempengaruhi prosentase penetasan.
  • Persiapan Mesin Penetas, Pilihlah mesin penetas telur yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Mesin tetas yang baik adalah yang memiliki prosentase penetasan yang tinggi, walaupun prosentase penetasan yang tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh mesin penetas saja, tetapi juga oleh bibit yang baik, pemeliharaan dan lain-lain. Mesin penetas telur juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, jika kebutuhan penetasan telur hanya 100 butir per periode, tidak efektif kalau kita gunakan mesin penetas berkapasitas 500 butir. Periksa dengan seksama kelengkapan mesin tetas dan pastikan dapat beroperasi dengan baik dengan suhu dan kelembaban yang tepat sebelum telur dimasukkan. Suhu ideal ruang mesin tetas pada kisaran 37-38 derajat Celcius, meski telur dapat menetas pada suhu antara 36 sampai dengan 40 derajat celsius.
  • Persiapan Telur dan indukan, Carilah indukan yang memiliki umur yang cukup, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda, selain itu diupayakan telur tidak disimpan terlalu lama. Semakin lama telur disimpan sebelum dieramkan akan menurun tdaya tetasnya. Diupayakan telur tidak disimpan lebih dari satu minggu sebelum ditetaskan.

Proses Penetasan Telur Ayam

Proses penetasan telur ayam tidak jauh berdeda dengan penetasan telur itik, hanya pada penetasan telur ayam tidak perlu melakukan penyemprotan dengan air hangat untuk menambah kelembaban ruang mesin tetas.
1. Pemasukan Telur
Pemasukan Telur ke dalam mesin tetas setelah dipastikan mesin tetas benar-benar siap untuk dipergunakan, parameter kesiapan mesin tetas adalah suhu sudah sesuai dengan standard, kelembapan udara cukup ideal, tidak ada lubang yang akan mengurangi performa mesin tetas Sebelumnya mesin tetas telah disemprot dengan disinfectant terlebih dahulu. Bersihkan telur-telur ayam dari berbagai macam kotoran dan bakteri. Telur yang bersih menghindarkan embrio mati karena bakteri dan mudah untuk diamati perkembangannya. Pengamatan embrio dapat dilakukan dengan teropong lampu pijar, pada usia 4 hari embrio yang berkembang akan nampak seperti akar-akar pohon berwarna merah, sedang embrio yang tidak berkembang atau telur tidak mengandung bibit ayam akan tampak bening. Selama 3 hari pertama telur didiamkan dalam mesin tetas dan tidak usah dibuka dan tidak dilakukan pembalikan telur. Cukup diamati suhu di dalam ruangan, jika suhu sudah konstan di nilai ideal biarkan saja, jika tidak perlu disesuaikan.
2. Pengeraman Telur
Setelah 3 hari sudah bisa dilihat telur-telur yang memiliki benih atau tidak. Telur yang tidak memiliki benih ayam perlu disortir karena tidak akan menetas, telur ini masih bisa untuk dikonsumsi dan masih bisa dijual atau dijadikan makanan. Memasuki hari keempat sampai hari ke 18 , telur ayam sudah harus kita bolak-balik sehari 2 sampai 4 kali,bahkan 6 kali, frekuansi pemutaran telur akan berpengaruh pada daya tetas telur. Semakin sering akan semakin baik. Pada hari keempat tersebut telur perlu diangin-anginkan dengan cara membuka tutup mesin penetas selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit. Proses mengangin-anginkan telur ini perlu dilakukan seriap 3 sampai 4 hari sekali sampai hari ke 18. Dalam masa pengeraman ini yang perlu diperhatikan selain suhu dijaga supaya tetap konstan adalah kelembapan udara. Jika kelembapan dirasa kurang bisa ditambahkan dengan menyemprotkan air hangat ke telur-telur. Pada Penetasan telur ayam hal ini jarang perlu dilakukan.
3. Masa Menetas
Pada hari ke 18 telur sudah tidak perlu lagi dibolak-balik, diamkan dalam mesin tetas, mesin tetas ditutup dan cukup dikontrol parameter suhu ruangan dan kelembabannya. Setelah hari ke 21 telur ayam sudah menetas, bahkan di hari ke 20 kemungkinan sudah ada yang menetas. Segera pindahkan anakan ayam yang menetas ke ruangan lain agar tidak mengganggu telur yang belum menetas. Yang perlu diperhatikan anak ayam dipindahkan pada ruangan yang memiliki suhu hampir sama dengan suhu di dalam ruang penetas, seiring dengan bertabhnya usia suhu perlahan-lahan diturunkan. Anak ayam yang baru menetas masih menggunakan energi dari makanan cadangan dari telur, sedikit demi sedikit dilatih makan dengan menaburkan makanan di bulu-bulunya. Setelah cukup kuat anakan ayam siap dijual atau dipelihara.

Sumber:
http://galeriukm.web.id