SELAMAT BERGABUNG MEMBER BARU SMS INFO CENTRAL UNGGAS FARM

30 OKTOBER 2014---Sdr. FENY KOEDJINANTO (PETERNAK) dari JEMBER---Sdr. RIZAL KUKUH WIRAWAN dari BONDOWOSO---Sdr. NUR KHOLIQ (PEDAGANG) dari KEDIRI---Sdr. EDI RUSNADI (PEDAGANG) dari MAJALENGKA---Sdr. YADI SEPTIADI (PEDAGANG) dari BANDUNG---Sdr. ACHMAD SYAPI'I (PEDAGANG) dari BREBES---Sdr. TRI MULYA TIRTAYA (PETERNAK) dari TRENGALEK---Sdr. UVANG PAUJAN (PEDAGANG) dari JAKARTA---Sdr. ACH. BUSIRI dari PAMEKASAN---Sdr. TUWO (PETERNAK) dari SIDRAP-SULSEL---Sdr. WINDA WINIARTI dari KUNINGAN - CIREBON---Sdr. ARIYANTO dari SOLO---Sdr. ADJI (PEDAGANG) dari TANGERANG-BANTEN---Sdr. ALE (PEDAGANG) dari JAWA BARAT---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI SMS SERVER CENTRAL UNGGAS FARM
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO

CARANYA

TRANSFER RP 50.000,-
ke REK BCA 0243945825 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK BRI 002101070559506 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK MANDIRI 1430005245293 an IWAN SETIAWAN
SMS NO HP ANDA KE 085755064745

KAMI AKAN MENGIRIMKAN SMS INFO HARGA TIAP HARI (HARGA PAGI, HARGA SIANG DAN SETIAP ADA PERUBAHAN HARGA)
UNTUK 1 BULAN KE NOMER HP ANDA

SMS INFO CENTRAL UNGGAS ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR

UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT TENTANG SMS INFO HUB :
085755064745

| Official Website | http://www.central-unggas.com |

Pengiriman Perdana Telur Kampung/telur arab ke padang

Padang merupakan salah satu kota besar indonesia yang mempunyai daya serap pasar untuk telur arab yang sangat besar. Banyak pedagang dari padang sekarang ini langsung datang ke blitar untuk mencukupi kebutuhan pasarnya.

Ternyata transportasi untuk ke padang ini tidak hanya menggunakan fuso atau kontainer saja, kemarin ternyata pedagang dari padang yang order telur arab ke BUDI JAYA PS, menggunakan colt diesel untuk pengiriman telurnya ke padang.

Biaya transport sampai ke padang ini jika menggunakan colt diesel dengan muatan 4 ton, atau kalau telur arab sekitar 336 ikat atau 100.000 butir, ongkosan untuk transportasinya berkisar antara Rp. 7.500.000,- sampai Rp. 8.000.000,- . Jadi untuk telur arab untuk pengiriman sampai ke padang ongkos transportasinya sekitar 80-100 rupiah per butirnya dengan muatan colt dieselnya full tonasi.

Itulah sedikit gambaran untuk distribusi telur dari Blitar ke Sumatra, Mungkin untuk pedagang besar di kota-kota sumatra yang ingin order telur arab dengan Order minimum 1 rit atau 336 ikat silahkan menhubungi BUDI JAYA PS.

Geger permintaan telur arab dari Padang

Dalam 2-3 hari terakhir ini, permintaan telur arab mengalami kenaikan yang luar biasa. Namun kalo di lihat dari segi harga kenaikannya tidak seberapa. Ya... sekitar 20-30 rupiah saja, sepertinya kenaikan ini juga hanya sesaat saja karena diuber setoran telur untuk kiriman ke padang .

Dari informasi yang saya dapatkan, untuk padang biasanya telur arab ini bisa didapat dari medan atau malaysia, karena udah nggak ada telur yang masuk lagi, maka para pedagang dari padang dan medan ini berburu telur langsung dari blitar. Setahu saya, pedagang dari padang ini datang langsung ke blitar dan order telur langsung ke pengepul-pengepul kecil dengan harga bervariasi mulai 720 sampai 775 per butirnya. Karena untuk pengiriman ke padang ini armada yang tersedia hanya fuso atau memakai kontainer, tentu saja kebutuhan mereka sangat banyak dan mendesak, yaitu sekitar 1500 ikat atau sekitar 450.000 butir.

Bagaimana jalur distribusi pengiriman telur ke padang? menurut informasi dari adik saya yang biasa melakukan pengiriman tepung ikan ke padang, pengiriman barang kesana ada 2 alternatif. Yang pertama barang sampai tuban dan dimasukan ke kontainer, cara ini biayanya lebih mahal dan waktu sampai tempat pun bisa mencapai 3 minggu. Alternatif kedua memakai truk fuso dari padang yang melakukan pengiriman barang ke jawa. Ini biayanya lebih murah dan waktu pengiriman bisa lebih cepat, biasanya satu minggu. kalo armada nya udah kita isi barang penuh, jadi sopirnya tidak mencari muatan tambahan lagi.

Nah, kalo pengiriman telur arab ini, sepertinya bos besar dari padang ini menggunakan armada balikan atau balen dari padang di Tuban, jadi mereka pesan telur dari beberapa pengepul kecil di blitar masing-masing satu rit atau 300 ikat dan kemudian di pindah ke truk balen ini di tuban untuk langsung melakukan pengiriman ke Padang.

Ya... begitulah cerita kenapa hari ini agak susah mencari telur arab di blitar.

Ratapan Duka Peternak dan Pedagang telur puyuh


Setelah cukup lama harga telur puyuh melambung dan bertahan di awan tinggi hingga akhir lebaran kemarin, kini telur puyuh terjun bebas tanpa alas alias bisa di katakan hancur lebur.

Hampir tiap hari, saya di telponi temen-temen pengepul telur puyuh ini untuk membantu membuang kan barangya barang 1 motor alias 1 ton atau 2 ton. Karena permintaan telur puyuh di blitar mulai habis lebaran kemarin menurun terus hingga saat ini. Bahkan gudang besar di blitar yang biasanya menerima berapapun telur yang di setorkan kini menutup pintunya rapat-rapat, kalaupun mau menerima barangnya, buka harganya pun gila-gila an, 6000/ kg. Ajur duit endog, begitu para pengepul dan peternak bergumam.

Kenapa hal seperti ini bisa terjadi? Dari segi fluktuasi rutin, kalau kita sudah memahami, memang harga telur puyuh ini selalu hancur sesaat setelah lebaran, kalo cepat kembali normal biasanya 1 bulan, kalo lambat bisa 3 bulan bahkan lebih.

Namun, kondisi saat ini memang sangat parah kalau di lihat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan karena hampir satu tahun belakangan ini harga telur puyuh selalu tinggi, peternak mengembangkan besar-besaran populasi nya. Diperparah lagi dengan para peternak baru yang karena melihat keuntungan nya maka juga ikut-ikutan atau latah beternak puyuh juga. Ya... memang kita ini bangsa yang latah... selalu suka ikut-ikutan tanpa berfikir panjang hehehehe. Karena puyuh ini dari doq hingga mulai bertelur hanya butuh waktu 40-50 hari maka produksi telur pun menjadi over. Kapan akan membaik lagi? Jawabanya adalah seleksi alam, setelah banyak yang tidak kuat bertahan dan diafkir maka jumlah produksi akan kembali normal sesuai dengan kebutuhan yang ada, maka harga pun akan normal kembali. Kapan waktunya? jawabanya ada di atas sana.

Bagi para peternak puyuh di blitar kususnya saya ucapkan selamat bertahan, siapa yang kuat pasti akan mendapatkan kemenangan.

Sebuah pemikiran.....

Setelah naik beberapa hari harga telur kembali turun bahkan sampai di bawah 10rb, dan sampai sekarang kondisi pasar pun belum menunjukkan trend naik. Banyak pertanyaan kapan harga naik dikalangan peternak, dan mengapa kondisi pasar tidak seperti biasanya begitulah teman-teman pedagang? Mencoba mencari tahu jawaban dari pertanyaan diatas, timbul dua pertanyaan besar :

Apakah konsumsi telur dimasyarakat sudah tidak tinggi??. Menurut survei yang dilakukan Balai Penelitian Ternak tahun 2008, konsumsi telur di Indonesia hanya 75 butir per tahun per kapita. Di negara maju konsumsi telur sudah mencapai 330 butir per kapita per tahun atau hampir satu butir perhari. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia saat ini berada di peringkat terbawah kedua setelah Vietnam dalam konsumsi telur. Berdasarkan data ini, kita patut optimis dengan potensi bisnis per"endogan" masih terbuka lebar dan memberi jawaban tidak dari pertanyaan diatas. Namun optimisme tersebut mendapat tantangan yang besar, berdasarkan hasil survei secara nasional yang dikeluarkan Departeman Pertanian, dalam sebuah keluarga anggaran konsumsi rokok justru jauh lebih besar dibanding dengan konsumsi telur setiap harinya (sumber : www.vet-klinik.com). kalau boleh saya tambahkan, konsumsi telur juga jauh lebih kecil daripada belanja pulsa. Tidak cuma itu, ada satu hal yang jika diinformasikan kurang tepat atau di terima secara mentah tentang tingginya kadar kolesterol dalam kuning telur yang bisa mengakibatkan masyarakat takut mengkonsumsi telur. yang saya tahu para atlet bahkan para pecinta makanan organik memasukkan telur (putih telur) pada menu hariannya.

Apakah harga telur mahal? Jika pertanyaan tersebut muncul, sebetulnya pada kisaran berapa harga telur yang diinginkan?? Saya yakin semua cukup mengerti akan hukum supply-demand pada pasar telur, dimana harga sepenuhnya ikut mekanisme pasar dimana tingkat supply atau demand tidak ada yang bisa mengontrol. artinya : dari sisi supply farm tidak bisa membatasi supply dengan tujuan tercipta harga yang stabil diatas BEP. Dari sisi demand, pembeli (pedagang) tidak bisa menahan harga supaya harga tidak naik pada saat terjadi kenaikan harga, bahkan jika pada kondisi "butuh" berapapun harga yang tercipta, oleh konsumen akan dibeli juga.

Lha… trus gimana???
Untung / bathi / profit, merupakan sesuatu yang dicari dalam bisnis tidak terkecuali bisnis perteluran. Farm sebagai pihak produsen berharap harga bisa diatas BEP, hitungan sederhananya jika harga pakan jadi (misal) Rp. 3500 dengan asumsi FC 2.5 dan beaya operasional di hitung rata-rata Rp. 1500 per kilo telur, maka harga yang diharapkan tentunya diatas Rp. 10250. Bagi pedagang, kondisi harga turun menunjukkan pasar sedang sepi dan artinya pedagang harus bekerja ekstra keras agar omzet tidak turun dan barang terdisitribusi lancar dan tetap dapat untung. Jika memang seperti ini, semua pihak tentunya lebih senang pada kondisi pasar (permintaan) normal bahkan cenderung meningkat.

Infectious Bronchitis (Bronkhitis Infeksiosa) pada unggas

Selamat bergabung member baru sms info, sdr I Wayan Sugita dari Bali
Keakuratan Informasi Komitmen Kami.
Setiap saat ada perubahan harga, SMS langsung masuk ke Hand phone Anda.
Terpercaya, Terbukti dan Teruji dengan member rutin lebih dari 30 kota di Indonesia
Bergabunglah sekarang juga.




Infectious Bronchitis (Bronkhitis Infeksiosa) pada unggas

Etiologi
Penyakit Infectious Bronchitis disebabkan oleh Corona virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini mudah mati karena panas atau desinfektan.

Patogenesis
Penularan penyakit Infectious Bronchitis dapat melalui kontak langsung antara ayam yang muda dengan ayam yang sakit. Kontak tidak langsung dapat terjadi melalui muntahan dari ayam yang sakit. Infeksi pada ayam yang belum dewasa mengakibatkan penyakit pernapasan ringan, yang dapat mempengaruhi daya hidup dan pertumbuhan jika diperburuk oleh manajemen yang kurang baik dan stress akibat iklim atau serangan mikoplasmosis. Pada ayam dewasa penyakit ini tidak menyebabkan kematian, tetapi pada ayam berumur kurang dari 6 minggu dapat menyebabkan kematian.


Gejala klinis
- gangguan pertumbuhan
- batuk
- bersin
- rattling
- susah bernapas
- keluar lendir dari hidung
- terengah-engah
- napsu makan menurun

Diagnosa
Virus penyebab Infectious Bronchitis dapat diisolasi dan inokulasi menggunakan telur spesifik pathogen free (SPF) atau pada biakan jaringan.

Pencegahan
Sanitasi merupakan factor pemutus rantai penularan penyakit karena virus tersebut sangat rentan terhadap desinfektan dan panas. Pencegahan lain yang sangat umum dilakukan adalah dengan memberikan vaksinasi secara teratur.

Sumber:
http://www.vet-klinik.com

Infectious Laryngotracheitis (ILT)

Selamat bergabung member baru sms info, sdr Boedi Koesuma dari Banjarnegara dan Sdr Rifani dari Kalimantan Tengah
Keakuratan Informasi Komitmen Kami.
Setiap saat ada perubahan harga, SMS langsung masuk ke Hand phone Anda.
Terpercaya, Terbukti dan Teruji dengan member rutin lebih dari 30 kota di Indonesia
Bergabunglah sekarang juga.


Infectious Laryngotracheitis (ILT)

Infectious Laryngotracheitis (ILT) merupakan penyakit kontagius pada saluran pernafasan yang dicirikan dengan kesulitan bernafas, menjulurkan leher karena kesulitan bernafas, konjungtivitis, adanya inflamasi yang mengelilingi membran mata.

Etiologi
Disebabkan oleh Herpes virus, yang mampu hidup 8-10 hari pada leleran, lebih dari 70 hari didalam karkas, kemudian dapat hidup lebih dari 80 hari pada eksudat (trachea atau saluran pernafasan) dalam kondisi alami. Penyakit ini berlangsung selama 2-6 minggu dalam flok, dan lebih lama dibandingkan penyakit respirasi viral yang lainnya.
herpes virus
Penyakit ini sangat penting karena:
  • Angka mortalitas dan morbiditas yang tinggi p ada satu flok.
  • Menyebabkan kerugian ekonomi.
  • Tidak dapat diobati
  • Penyakit ini dapat dicegah, tetrapi dapat menimbulkan ayam carier bagi yang sudah pernah terinfeksi.
Penyakit ini tidak menular pada manusia dan kejadian paling sering terjadi pada ayam. namun dapat pula menginfeksi kalkun, burung unta dan unggas lainnya. Burung liar dapat berperan sebagai carier.

Penularan
Virus Infectious Laryngotracheitis (ILT) ditularkan melalui saluran pernafasan dan dapat menular melalui udara secara kontak langsung antar burung misalnya dalam satu kandang. Virus masuk dan menginfeksi burung melalui mata, hidung atau mulut. Mukus dan darah yang mengandung virus dapat keluar melalui batuk dan menyebarkan penyakit. Masa inkubasinya 6-12 hari. Kejadian outbreak dapat dikarenakan lalu lintas unggas, pekerja dan alat-alat kandang, dan kondisi lingkungan yang memungkinkan terjadinya penyebaran.

Gejala Klinis

  1. Dyspnoe
  2. rinitis
  3. penurunan produksi telur dan daging
  4. kadang kadang mengalami pneumonia atau bronkhopneumonia
  5. mortalitas mencapai 50%

Hemorrhagic tracheitis

lesi ILT

Diagnosa
Pada penyakit yang akut dicirikan dari gejala klinis dan penemuan darah, mukus, dan eksudat kaseosa pada trachea. Secara mikroskopik ditandai dengan desquamative dan nekrotic tracheitis. Diagnosa mungkin dapat diperkuat dengan ditemukannya inclusion body intramuclear pada epitel trachea, isolasi dan identifikasi virus secara spesifik dengan chicken embryo dan kultur jaringan atau dengan inokulasi pada sinus intraorbital untuk mengetahui imunitasnya. Spesimen dapat pula diinokulasi pada membran chorioallantois pada telur ayam berembrio Pemeriksaan mikroskopiknya pada lesi membran chorioallantois terdapat inclusion body intranuclear. Dapat dibedakan dengan Fowlpox pada lesi trachea dan inclusion bodynya berupa inclusion body intracytoplasmic. Diagnosa dapat pula dilakukan dengan PCR.

Diferensial diagnosa
  1. Infectious Bronchitis
  2. Newcastle Disease
  3. Mycoplasmosis
  4. Avian coryza

Pencegahan

  1. Meminimalisir kotoran dan debu
  2. Penggunaan mild expectorants
  3. Vaksinasi baik secara eye drop, spray maupun lewat air minum.

Sumber:
http://www.vet-klinik.com

Faktor Penting Beternak Ayam

BIBIT

Bibit yang diperjualbelikan dipasaran khusus ayam ras, umumnya berupa final stock. Finall stock tersebut merupakan hasil persilangan genetika dari bibit-bibit unggul untuk mencapai suatu tujuan yang lebih spesifik dan ekonomis. Misalnya menghasilkan daging(ayam broiler) atau telur (ayam layer) bahkan adapula yang bersifat dwi fungsi.

Penggolongan berdasarkan Keturunan:

Pure Line (galur murni) >>>> Grand Parent stok (GPS) >>>> Parent Stock (PS) >>>> Final Stok (FS) >>>> Peternak Komersial

Jenis Final stock inilah yang banyak diusahakan oleh peterrnak, yang merupakan keturunan terakhir.

Final Stock

Setiap final stock masing-masing mempunyai strain, namandagang dari perusahaan (trade mark) yang menghasilkanya. Di indonesia strain-strain tersebut dihasilkan oleh para pembibit (breeder) dari Parent Stock dan bahkan ada beberapa perusahaan pembibit yang khusus menjual parent stock.

Membeli Anak Ayam

anak ayam final stock dijual oleh pembibit langsung ke penyalur atau agen yang telah ditunjuk, misalnya seperti Poultry shop, KUD dan lainya pada umur satu hari atau sering disebut dengan dengan DOC ( Day Old Chick). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah dan arah usaha ternak ayamnya, apakah untuk tujuan produksi telur atau ayam pedaging. Pembelian bibit dilakukan dengan cara pemesanan melalui agen atau dapat pula dengan cara langsung. Kemudian kumpulkan informasi tentang performa dari strain ayam yang akan dipesan, guna dapat mengetahui standar produksi (petelur atau pedaging) maupun sebagai pegangan dalam pemeliharaan.

Memilih anak ayam

Didalam memilih anak ayam (DOC), biasanya ditujukan kepada 3 faktor ekonomis:
  1. Pertumbuhan Yang cepat dan merata.
  2. Daya Hidup Yang baik
  3. Produktifitas yang tinggi
Berdasarkan dari 3 faktor tadi di dalam memilih anak ayam yang baik, juga dibutuhkan 3 pendekatan guna dapat mencapai hasil yang maksimal.

1. Secara keturunan (strain)

Ayam pedaging
  • Cepat besar dan padat serta seragam.
  • Daya hidup tinggi dan kematian rendah.
  • Efisiensi penggunaan pakan
Ayam Petelur
  • Cepat bertelur
  • Produksi telur tinggi dan kualitas telur baik
  • Daya hidup tinggi
  • Efisiensi penggunaan pakan.
2. Secara Penglihatan

Fisik
  • Lincah & gesit, selalu aktif mencari makan.
  • Nafsu makan baik.
  • Mata waspada, jernih.
  • Tak ada cacat badan
  • bulu tidak kusut.
Kesehatan
  • Bereaksi cepat terhadap gangguan luar
  • Tidak mengumpul dibawah pemanas
  • Kondisi kotoran tidak lengket pada dubur.
3. Secara rabaan(dipegang)

Sehat
  • Berisi padat
  • Berontak
Sakit
  • Otot lemas
  • Lesu diam.


-Semoga Bermanfaat-

Sumber:
Sukses Beternak Ayam ( PT. Pyridam Veteriner)

Gumboro atau Infectious Bursal Disease (IBD)

Dalam beberapa postingan ke depan ini saya akan membahas tentang penyakit-penyakit pada ayam. Dengan memahami terlebih dulu penyakitnya berarti kita sudah belajar tentang kesulitanya, dengan kita paham dengan kesulitanya berarti langkah ke depan adalah tinggal menjadi sebuah kemudahan.

Pada dasarnya penyakit ayam di bagi dalam beberapa bagian yang di kategorikan berdasarkan oleh penyebabnya. Yang pertama adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus, yang terpenting harus kita pahami adalah bahwa penyakit yang disebabkan oleh virus ini tidak ada obatnya. Karena virus tidak dapat dimatikan dengan obat apapun. Tapi, penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa dicegah dengan vaksin. Jadi jangan pernah kita meremehkan jadwal vaksinasi jika kita tidak ingin menyesal kelak di kemudian hari. Jadi jika kita tahu ayam kita sudah terkena penyakit yang disebabkan oleh virus maka kita jangan membeli antibiotik yang mahal-mahal untuk pengobatan, karena hal ini akan percuma saja, sebaiknya kita hanya memberikan vitamin saja untuk menambah daya tahan tubuhnya saja.

Ok, sekarang kita akan membahas salah satu penyakit yang di sebabkan virus ini yaitu gumboro atau IBD. Saya paling senang membahas gumboro ini dikarenakan penyakit ini lah yang menghajar saya berkali-kali saat mulai beternak dulu.

Penyakit gumboro adalah suatu penyakit infeksi yang menular yang disebabkan oleh virus, pertama kali di kenal di wilayah Gumboro, Dela-ware Amerika Serikat pada tahun 1950.saat ini gumboro tersebar di seluruh dunia termasuk indonesia. Penyakit ini menimbulkan gangguan pada alat-alat tubuh pembentuk kekebalan terutama Bursa Fabricius. Pada ayam dewasa kerugian akibat gumboro tidak begitu berarti. Infeksi penyakit gumboro pada anak ayam menyebabkan kerusakan bursa fabricius, sehingga mengalami penghambatan dalam membentuk zat kebal.

Penyakit gumboro disebabkan oleh virus golongan birnaviridae. Diluar tubuh ayam, virus tahan hidup lebih dari 3 bulan. Virus ini relatif tahan terhadap ether, kloroform, tripsin dan pH rendah. Virus sangat peka terhadap desinfektan yang mengandung formalin dan larutan yodium.

Penyakit bisa kronis tetapi kadang-kadang akut. Penyakit diawali dengan hilangnya nafsu makan, gemetaran, peradangan di sekitar dubur dan terjadi diare berwarna putih. ayam sering tampak mematuki bulu di sekitar anus. sering menginfeksi ayam umur 20-60 hari, kadang-kadang menginfeksi ayam umur dibawah 3 minggu. Angka kematian bisa mencapai 30-60%. Semakin tua ayam, angka kesakitan dan kematian cenderung turun. Pada bedah bangkai dapat ditemukan perubahan pada bursa fabricius. Pada keadan akut bursa fabricius mengalami pembesaran, peradangan dan oedema. Kira-kira 4-8 hari setelah infeksi, bursa fabricius menjadi atropi. Sedangkan pada keadaan kronis ukuran bursa fabricius bisa sangat kecil.

Kematian terjadi mulai 2 hari sejak terlihat gejala klinis, meningkat pada 2-3 hari kemudian dan akan turun secara cepat pada hari ke 7 atau ke 8. Angka kematian biasanya bervariasi antara 5-60% tergantung dari virulensi virus, infeksi sekunder dan umur ayam saat terinfeksi.

Penularan dari feses atau bahan-bahan muntahan yang mengandung virus. ayam yang terinfeksi akan mengeluarkan virus melalui feses. Penularan juga terjadi secara tidak langsung melalui ransum, air minum, peralatan kandang, burung liar dan pekerja kandang yang tercemar

Pengendalian penyakit dengan melakukan vaksinasi secara teratur.

-Semoga Bermanfaat-

Sumber:
Buku Penyakit-Penyakit Penting Pada Ayam



baca juga:

Pemeriksaan Post Mortem (bedah bangkai) di peternakan