SELAMAT BERGABUNG MEMBER BARU SMS INFO CENTRAL UNGGAS FARM

30 OKTOBER 2014---Sdr. FENY KOEDJINANTO (PETERNAK) dari JEMBER---Sdr. RIZAL KUKUH WIRAWAN dari BONDOWOSO---Sdr. NUR KHOLIQ (PEDAGANG) dari KEDIRI---Sdr. EDI RUSNADI (PEDAGANG) dari MAJALENGKA---Sdr. YADI SEPTIADI (PEDAGANG) dari BANDUNG---Sdr. ACHMAD SYAPI'I (PEDAGANG) dari BREBES---Sdr. TRI MULYA TIRTAYA (PETERNAK) dari TRENGALEK---Sdr. UVANG PAUJAN (PEDAGANG) dari JAKARTA---Sdr. ACH. BUSIRI dari PAMEKASAN---Sdr. TUWO (PETERNAK) dari SIDRAP-SULSEL---Sdr. WINDA WINIARTI dari KUNINGAN - CIREBON---Sdr. ARIYANTO dari SOLO---Sdr. ADJI (PEDAGANG) dari TANGERANG-BANTEN---Sdr. ALE (PEDAGANG) dari JAWA BARAT---

PASTIKAN KEAKURATAN SUMBER INFORMASI ANDA LANGSUNG DARI SMS SERVER CENTRAL UNGGAS FARM
CENTRAL INFORMASI HARGA TELUR BLITAR
PROFESIONAL, INDEPENDEN DAN TERPERCAYA


PASTIKAN ANDA TIDAK KETINGGALAN INFORMASI HARI INI DENGAN MENJADI ANGGOTA SMS INFO

CARANYA

TRANSFER RP 50.000,-
ke REK BCA 0243945825 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK BRI 002101070559506 an DINA KUSUMAWATI
atau ke REK MANDIRI 1430005245293 an IWAN SETIAWAN
SMS NO HP ANDA KE 085755064745

KAMI AKAN MENGIRIMKAN SMS INFO HARGA TIAP HARI (HARGA PAGI, HARGA SIANG DAN SETIAP ADA PERUBAHAN HARGA)
UNTUK 1 BULAN KE NOMER HP ANDA

SMS INFO CENTRAL UNGGAS ACUAN STANDAR HARGA TELUR BLITAR

UNTUK KETERANGAN LEBIH LANJUT TENTANG SMS INFO HUB :
085755064745

| Official Website | http://www.central-unggas.com |

Beternak Ayam Itu seni

Bisnis peternakan itu seni. Yang namanya usaha tentu saja yang terbayang dalam pikiran kita adalah keuntunganya, semakin besar keuntungan yang mungkin didapatkan akan semakin membuat kita bersemangat untuk menekuninya.

Tetapi, bila dalam menjalankan sebuah usaha yang menjadi motivator utamanya adalah hanya keuntungan semata, maka akan sulit sekali kita bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Yang paling utama harus kita miliki dalam suatu usaha adalah rasa menyenangi dengan pekerjaanya. Seperti dalam bisnis peternakan ini, jika kita pertama kali memulai usaha ini hanya tertarik oleh suatu keuntungan nya saja, yaitu hanya melihat pada saat harga telur sedang maksimal maka pada saat harga telur sedang kurang bagus, tentu kita akan banyak sekali berkurang semangatnya.

Menurut saya, keberhasilan dalam beternak itu ada 2 macam. Yang pertama adalah berhasil secara finansial, dimana setiap tahunya populasi kita semakin bertambah. Dan yang kedua adalah berhassil dalam hal pemeliharaan, seperti kondisi saat ini walaupun secara profitnya tidak menguntungkan tetapi dengan melihat kutukan yang sehat dan lincah, maka kita bisa juga merasakan kesenanganya. Karena selalu ada harapan bahwa hari esok akan menjadi lebih baik.


Berapa Harga Jual Telur Dari Farm di Bogor?

Dari data di server saya, peternak ayam petelur dari Bogor yang menjadi member sms info cukup banyak. Semula saya berfikir, lho kok ada ya peternak layer di Bogor? Bukankah Bogor sudah merupakan kota besar yang cukup dekat dengan Jakarta dan padat pemukiman?

Kemudian saya coba browsing untuk sekedar mencari data peternak layer yang berada di Bogor. Nah, akhirnya saya dapat juga data tahun 2008 tentang populasi layer di bogor. Lumayan Kaget juga, karena ternyata disana populasi layernya ada hampir 4 juta - an. Untuk Data Lebih lengkapnya anda bisa klik disini

Dari data tersebut peternak layernya rata-rata sudah merupakan peternak menengah ke atas, karena jumlah populasinya sudah diatas 10.000,-. Beda dengan di blitar, peternak menengah dan besarnya memang banyak, tetapi peternak kecilnya juga sangat banyak. Sehingga total populasi dari peternak kecil ini jumlahnya hampir bisa menyamai jumlah dari total peternak besar.

Kembali ke permasalahan semula, bagaimana para peternak dari bogor ini memakai acuan harga telur dari blitar untuk menjual telurnya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal?

Sebagaimana kita ketahui bahwa kebutuhan pasar disana (maksutnya, JABODETABEK) tentu tidak akan dapat tercukupi dengan produksi lokalnya itu, masih sekitar 40 % lagi butuh telur dari blitar untuk memenuhinya. Jadi apabila peternak disana itu menjual telurnya di bawah harga telur blitar sampai bogor, itu adalah hal sangat merugikan. Kenapa demikian? Karena jika dijual dengan harga telur blitar sampai sana saja tentu akan terserap pasar juga.

Sebagai peternak tentunya ingin dapat menjual telurnya dengan harga sebaik mungkin, perhitunganya seperti ini, misalnya harga telur dari informasi kami adalah 9500/ kg, berarti harga sampai ke Bogor sekitar 10000/kg. Ini harga baru nyampai dibogor, belum termasuk ongkos naik turun maupun perhitungan susut dan pecahnya. Jadi tentunya pedagang yang mendatangkan telur dari Blitar ini akan menjual telurnya dengan harga 10300/10500 jika mengambil keuntungan antara 300 - 500 per kilonya.

Jadi sebagai peternak disana seharusnya anda bisa menjual dengan harga minimum 10.200 ke pedagang partai besar dan 10.500 ke pedagang partai kecil. Demikian sedikit uraian saya semoga bermanfaat untuk kita semua.

Usaha Peternakan Kelinci

Kandang Kelinci baru

Ada banyak cara untuk memberdayakan masyarakat untuk mengembangkan perekoomian. Salah satunya adlah apa yang telah dilakukan waraga desa sendang sari Minggir jogja yang menghimpun diri untuk membuat kelompok peternakan kelinci.

Alasan pengembangan usaha peternakan kelinci adalah untuk pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu. Terlebih lagi untuk bahan makanan kelinci yang tidak terlalu sulit dan mahal yaitu berupa rumput.
Salah satunya adAlah Suharyanto, Yang tinggal di dukuh bandan desa sendangsari kecamatan minggir kabupaten Sleman. Alasan pemilihan jenis ternak kelinci ini adalah karena perawatannya mudah, yaitu pakannya Cuma rumput. Pakan tambahan katul, untuk penggemukkan.

Sebelum memulai ternak kelinci, Suharyanto mengunjungi peterna-peternak kelinci dengan skala besar dan cukup lama menggeluti usaha ini untu bertanya mengenai prospek usaha tersebut. Menurut mereka, usaha ternak kelinci prospeknya sangat bagus. Bukan Cuma dagingnya saja yang bisa dimanfaatkan tetapi kotorannya juga laku dijual, misal urin dan kotoran padat.

Dari segi produksi ternaknya, sepasang indukan bisa mengalami masa kawin 3 kali dalam setahun. Kawin bunting 1 bulan, lahir hingga usia anakan 2 bulan bisa dijual. 1 minggu s.d 10hari, indukan bisa dikawinkan lagi. Sekali melahirkan, setiap indukan bisa menghasilkan rata-rata jumlah anakan bisa mencapai 6-7 ekor. Jenis bibt bermacam-macam, yaitu:

  • Jenis ram, khusus untuk kelinci peternak atau pembibitan, diperoleh dari peternak pembibitan
  • Jenis bigon, khusus untuk kelinci pedaging atau konsumsi (sate atau tongseng), hasil persilangan antara jawa dengan ram, yang diperoleh dari peternak.

Awal Modal pertama 1 babon/indukan, setelah berjalan beberapa waktu kok dirasa mudah, akhirnya menambah 1 indukan lagi. Seorang famili melihat prospek kelinci tersebut tertarik untuk memberi modal. Modal untuk kandang 2juta, bibit 3 juta, kandang kecil 1juta dan sekarang mencapai 15 ekor indukan pada akhir januari 2009.

Untuk Pakan kelinci adalah rumput: biasanya mencari sendiri karena di lingkungan sekitar banyak, dan sebelum diberikan ke kelinci harus dibiarkan dahulu sampai layu karena rumput dalam kondisi segar dan basah mengandung banyak air sehingga bisa mengakibatkan kelinci kembung yang cukup riskan untuk kesehatan kelinci.

Untuk merangsang pertumbuhan kelinci pedaging, diberi makan katul dan ampas gandum. Sedangkan peternak besar biasanya katul dicampur ampas tahu yang sudah diperas, komposisi ini lebih bagus untuk kelinci. Biaya pakan, katul Rp1600/kg, untuk 15 indukan butuh 10kg/minggu.

Penyakit Kelinci
Dalam beternak kelinci, hal yang paling penting unutk diperhatikan adalah kebersihan kandang karena akan menjauhkan unsur penyakit, terutama gudik/korengan. Kelinci sangat riskan dengan penyakit gudik, bila sudah terlanjut terjangkiti maka tinggal disuntik dengan wermaisin sehingga koreng bisa langsung kering.

Yang kedua, harus teliti dalam mengamati kesehatan kelinci. Apabila kondisi kotoran kelinci dalam kondisi cair, harus segera ditangani. Kesulitan yang dihadapi dalam beternak kelinci, mayoritas peternak mengalami kesulitan dalam proses melahirkan anakan-anakan kelinci, terutama pada kondisi cuaca yang tidak menentu atau pergantian suhu yang signifikan.

Bila kondisi stabil dalam kondisi suhu panas atau dingin dalam waktu yang cukup lama, kondisi ini bagus dan mempermudah bagi indukan yang mau melahirkan. Tetapi bila kondisi suhu yang berubah-ubah cukup drastis, hal ini akan menyulitkan indukan ketika mau melahirkan.

Dalam manajemen usahanya, setiap pengeluaran selalu dicatat. Begitu pula, jumlah indukan dan jumlah anakan yang baru lahir. Setiap kelahiran anakan selalu disisakan 1 ekor untuk regenerasi, lainnya dijual. Organisasi usaha belum ada karena masih ditangani sendiri. Hanya saja, tergabung dalam kelompok peternak dan sudah tercatat di PPL Kecamatan Minggir.

Pemasaran
Sebelum melakukan pemasaran menjalin hubungan dengan peternak-peternak besar, selalu konsultasi atau crosscheck dengan peternak-peternak besar karena peternak-peternak besar sering kesulitan dalam memenuhi permintaan konsumen langsung (end user).

Untuk Jenis Kelinci hias, ada beberapa jenis dan paling diminati adalah three colour (3 warna) dan segmennya adalah menengah ke atas. Papilon atau dua warna. Martin, bagian atas hitam dan perut putih.

Kelebihan kelinci hias, bulunya halus. Jenis vlam, postur tubuhnya panjang dan besar serta mempunyai telinga yang lebar. Jenis spot, spot hitam dan spot merah, termasuk kelinci unggulan. Jenis vlam dan spot termasuk kelinci yang banyak diminati oleh hobiis.

Kompetitor
Diantara peternak kelinci tidak ada rasa persaingan dan setiap peternak selalu menjalin kerjasama dengan peternak lain. Terutama peternak-peternak besar selalu mau membantu atau memberi bimbingan kepada peternak-peternak pemula dalam menjalankan usaha ini.

Harga
Harga kelinci tergantung usianya. Jenis vlam atau spot ukuran besar dengan usia 2 bulan bisa mencapai Rp150.000/pasang. Ukuran sedang Rp60-70ribu/pasang. Bligon (jawa-vlam) usia 2 bulan Rp40-50rb. Kalo indukan, bligon diatas 160rb/ekor tergantung postur tubuh. Spot dan vlam indukan diatas Rp200rb, tergantung postur tubuhnya juga.

Pemasaran hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan peternak besar dalam melayani klien mereka dan bila terjadi kesepakatan harga, jika jumlahnya sedikit, kelinci bisa diantar atau pembeli (peternak besar) ambil sendiri jika jumlahnya cukup banyak.

Vlam dan spot usia 4-5 bulan Rp150-200rb/ekor, tergantung ukuran dan kondisi fisik. Bligon usia 4-5 bulan Rp50-60rb/ekor. Rex three color 4-5bulan Rp100-150rb, tergantung ukuran dan kondisi fisik.

Keuangan. Omset siklus produksi 3 bulan, dalam kondisi lancar, setelah masa bunting 1 bulan dimana rata-rata setiap 1 indukan menghasilkan 6 ekor anakan≈3 pasang dan 2 bulan kemudian anakan dijual dengan harga Rp60rb/pasang. Sebagai pemula, dengan kondisi suhu yang selalu berubah-ubah, tingkat kelahiran sangat kecil. Dari 6-7 ekor yang lahir hanya berhasil 2 ekor.


Sumber:
http://bisnisukm.com/usaha-peternakan-kelinci.html


Bagaimana Harga Telur Blitar Tercipta?

Di Kabupaten Blitar saat ini produksi telur diperkirakan sekitar 600-700 ton per hari dan menyuplai 30% hingga 40% kebutuhan telur nasional. Dimana produksi ini berasal dari peternak kecil dan besar. Peternak dengan populasi di bawah 5000 ekor masuk sebagai kategori peternak kecil, sedangkan untuk populasi lebih dari 5000 sampai dengan ratusan ribu sudah masuk kategori peternak besar.


Ok... selanjutnya akan saya jelaskan bagaimana proses distribusi telur ini. Untuk kebutuhan telur di Blitar sendiri tidak sampai dengan 10% dari total produksi, sehingga sisa dari yang diserap pasar blitar ini terdistribusi ke luar kota maupun ke luar pulau.

Produksi telur dari para peternak kecil di blitar disetorkan ke para pengepul kecil atau Poultry Kecil, Dimana Poultry Shop yang selanjutnya saya sebut PS saja ini memberikan kemudahan bagi para peternak kecil dengan mengambil telurnya dan langsung menyediakan pakan untuk barter dengan telur tersebut.

Selanjutnya para PS kecil ini ada yang langsung kirim telur sendiri ke luar kota atau disetorkan ke Gudang Besar , Nah.... Untuk harga yang dipakai acuan adalah harga beli dari Gudang besar ini, karena Gudang ini bisa menerima setoran dari PS kecil dan Peternak besar tiap harinya sampai dengan puluhan Ton.

Gudang besar di Blitar yang mempunyai pasar luar kota dan luar pulau, kebanyakan untuk luar pulau adalah pengiriman ke Kalimantan, NTT, NTB dan Irian. Untuk Sumatra kebutuhan telur masih mampu disupplay dari medan dan peternak lokal di masing-masing daerah tersebut.

Jadi..... Jelas sudah khan? Apabila Daya serap pasar dari Gudang Besar tersebut menurun otomatis Harga telur juga turun. Gudang besar juga akan menurunkan harga belinya terhadap pengepul dan peternak di blitar.

Hingga saat ini masih banyak peternak maupun pedagang yang kurang memahami tentang naik atau turunya harga telur ini. Mereka mengira bahwa harga telur ini diatur oleh para spekulan atau tengkulak. Padahal harga telur ini mahal atau murahnya tergantung sepenuhnya dari daya serap pasarnya. Jika daya serap pasarnya tetap atau turun sedangkan populasinya bertambah terus otomatis terjadi over produksi dan hargapun pasti akan jatuh.

Kenapa harga dalam satu hari bisa berubah sampai beberapa kali? Jika para eksportir telur keluar kota dan luar pulau ini daya serap pasarnya lemah, otomatis akan menurunkan harga jualnya atau pedagangnya akan menurunkan harga tawarnya. Jika harga sudah diturunkan tapi tetep juga belum mau membeli karena memang kondisi pasarnya sepi maka harga tawaranpun pasti akan diturunkan lagi. Begitulah mengapa dalam satu hari harga dapat turun hingga beberapa kali.

Demikian juga sebaliknya, jika daya serap konsumen di luar kota dan luar pulau ini meningkat, otomatis permintaan telur ke blitar pun naik. Dengan naiknya permintaan yang diluar kebiasaan, maka para eksportir telur dari blitar ini akan menaikan harga jual telurnya. Jika mereka mau mengambil maka permintaan berikutnya pun akan dinaikan lagi, itulah sebabnya kenaikan harga pun dalam satu hari juga bisa berubah beberapa kali.

Oleh karena itu kita sebagai para pelaku di bisnis peternakan ini, baik sebagai pedagang maupun peternak, sangat penting mengetahui perkembangan informasi harga ini secepat mungkin. Jika kita mengetahui harga sudah cenderung turun maka kita bisa secepatnya mengeluarkan stok kita, dan jika kita sudah mengetahui harga naik, maka kita bisa sedikit menahan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Demikanlah sedikit tentang terbentuknya harga telur di indonesia, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat bagi para peternak di seluruh Indonesia.

Harga telur tetap berjalan mengikuti mekanisme alami yang susah sekali untuk di prediksi dan dikuasai.

Tahun 2010 Harga Telur Pasti Melambung Tinggi

Tahun 2009 ini bisa di bilang dunia peternakan ayam petelur mengalami krisis. Karena hampir sepanjang tahun harga telurnya kurang begitu bersahabat.

Pada dasarnya krisis yang terjadi dalam dunia peternakan layer ini ada dua macam. Yang pertama adlah krisis dimana harga jual telurnya jauh dibawah biaya operasionalnya. Hal seperti ini menurut pengalaman saya terjadi pada jaman krisis moneter tahun 1997-an dulu. Dimana krus dolar mengalami kenaikan yang luar biasa sehingga harga pakan pun naik nya luar biasa juga dan harga jual telurnya tidak dapat mengikuti kecepatan naiknya harga konsentratnya tersebut. Krisis yang jenis seperti ini biasanya tidak berlangsung lama, karena para peternak yang lemah stok pakanya biasanya langsung menjual semua ternaknya. Karena populasi berkurang sangat cepat maka kenaikan harga telur pun kembali sangat cepat juga.

Krisis yang kedua adalah karena bertambahnya populasi yang besar namun tidak di ikuti dengan kenaikan dari daya serap pasarnya. Nah, di tahun 2009 ini lah krisis seperti ini yang terjadi dan memang jenis krisis seperti ini yang sering terjadi pada tahun tahun sebelumnya juga. Biasanya krisis seperti ini dapat berlangsung dalam satu masa afkiran layer. Tidak mematikan dengan cepat akan tetapi membunuh secara perlahan-lahan.

Peternak pemula yang ikut meramaikan bertambahnya populasi ini biasanya akan merasa putus asa dan tidak lagi meneruskan usahanya. Akhirnya, dengan seleksi alam seperti ini maka populasi sedikit demi sedikit akan berkurang dan kembali normal sesuai dengan kebutuhan pasar, bahkan bisa jadi produksi sedikit kurang dari kebutuhan pasar.

Nah, menurut prediksi saya pada awal awal tahun 2010 ini harga telur masih berfluktuasi di sekitar 10.000 an juga , namun 4 atau 5 bulan kedepan mungkin bisa mencapai di kisaran 12.000 an atau 13.000 an untuk harga di blitar. sekali lagi ini kemungkinan.... karena kita hanya bisa memprediksi bukan menentukan.

Kenapa Harga Jual Telur Arab naik luar biasa?

Belum ada satu minggu harga telur arab mengalami kenaikan yang luar biasa. Hal ini dipicu dengan tingginya permintaan telur dari padang.

Hari sabtu kemarin Budi Jaya PS masih melakukan transaksi dengan pedagang dari padang dengan kisaran harga 900/925, tapi saat ini telur arab sudah mencapai harga di kisaran 1000 bahkan lebih.

Para pedagang telur dari padang ini biasanya tidak melakukan transaksi dari sana. Melainkan langsung berangkat ke blitar dengan membawa truk sendiri, seperti gambar di samping ini. Karena tidak melakukan order terlebih dulu. akhirnya mereka susah juga memenuhi kebutuhanya.

Nah, kondisi seperti inilah yang akhirnya di manfaatkan oleh peternak ataupun pedagang dari blitar untuk memberi harga semaunya, jika mereka tidak mau terlalu lama menunggu maka mereka harus beli juga. Biasanya dalam waktu yang bersamaan truk dari padang ini dalam satu minggu ada 8-10 buah. Jadi kebutuhan telurnya mencapai 800 ribu hingga 1 juta butir.

Untuk mendapatkan harga yang tidak terlalu tinggi sebaiknya pedagang telur arab ini udah order dulu sebelum truk nya berangkat. Sebab walaupun berani bayar kontan bukan jaminan mendapat telur murah, kalau mereka terlihat sangat membutuhkan pasti harganya akan di permainkan.

Kombinasi vitamin, mineral dan antibiotik untuk growing healthier chicks

MITACHICKS

Kombinasi vitamin, mineral dan antibiotik untuk growing healthier chicks

Komposis per Kg:

Bacitracin MD 35 gr Vitamin B12 1.000 mcg

Vitamin A 5.000.000 IU Vitamin C 21.000 mg

Vitamin D3 500.000 IU Nikotinic acid 15.000 mg

Vitamin E 2.500 IU Folic acid 150 mg

Vitamin K3 1.000 mg Ca-d-Panthothenate 5.000 mg

Vitamin B1 2.000 mg Manganese Sulfate 200 mg

Vitamin B2 4.000 mg Zinc sulfate 250 mg

Vitamin B6 1.000 mg Cupri sulfate 150 mg

Indikasi:

  • Untuk memacu pertumbuhan secara optimal.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit..
  • Mencegah kekurangan vitamin dan mineral.
  • Mencegah stress karena perubahan cuaca dan pindah kandang

Aturan Pakai dan Dosis :

Diberikan lewat air minum.

Unggas : 5 gram /7 liter air minum diberikan selama 3 hari setiap minggu.